Peta Wisata dan Cara Naik MRT di Singapore

Liburan Seru - Jalan-jalan di Singapura, paling murah dan praktis ya naik MRT. Transportasi publik massal ini sudah berkembang pesat dan menjangkau seluruh pelosok Singapura. Kamu juga dapat mengunjungi berbagai tempat wisata di Singapura dengan mudah dan nyaman berkat MRT ini.

Walaupun praktis, namun bagi sebagian turis, naik MRT sendirian bisa dibilang cukup menakutkan. Karena selain tak tahu bagaimana cara menggunakan, juga takut salah jalur. Hmmm jika anda juga termasuk baru pertama kali ke Singapore dan baru pertama kali menggunakan MRT , anda harus membaca artikel ini. Karena ternyata begitu mudah dan murah bepergian dengan menggunakan MRT.

murah keliling singapore naik mrt

PETA MRT

Peta MRT Singapore

Saat ini tersedia 5 line MRT yaitu:
    1. North South Line / Red Line
    1. East West Line / Green Line
    1. North East Line / Purple Line
    1. Circle Line / Orange Line
    1. Dowtown Line / Blue Line
Lihatlah peta MRT diatas, disetiap pertemuan garis yang berbeda warna akan ada bulatan putih. Tanda tersebut menandakan MRT interchange, titik dimana anda bisa pindah ke jalur warna lain. Stasiun MRT biasanya memiliki pintu exit yang banyak. Sehingga kamu perlu mengetahui harus keluar di exit mana di setiap MRT Station. Tetapi tidak usah kuatir, penjelasan di setiap stasiun sangat jelas, dilengkapi dengan peta daerah sekitarnya.

Berikut tips naik MRT di Singapore

MRT beroperasi setiap hari mulai pukul 05.30 hingga tengah malam dan di masa-masa liburan biasanya durasinya diperpanjang. Pada jam sibuk, antara pukul 07.00 – 09.00 dan 17.00 – 19.00 kereta akan tiba setiap dua hingga tiga menit sekali.

Ticket Machine MRT

Pecahan uang terbesar untuk membeli tiket MRT melalui General Ticket Machine adalah SGD 5. Kalau kamu tidak punya uang kecil pergi ke konter Passenger Service di setiap stasiun untuk menukarkan uang.

Pastikan kamu sudah mengetahui stasiun tujuan dan jalur jurusan yang hendak kamu tuju. Kamu bisa mempelajari terlebih dahulu peta rute MRT agar tidak menghambat antrian.

Tidak diperbolehkan makan dan minum di dalam MRT demi menjaga kebersihan kereta. Namun demikian tersedia cukup gerai tempat makan dan minum di hampir di setiap stasiun MRT.

Tersedia Singapore Tourist Pass untuk naik kereta atau bus, dengan pilihan: One Day Pass (harga SGD 18), Two Day Pass (SGD 26), atau Three Day Pass (SGD 34). Singapore Tourist Pass ini bisa didapatkan di TransitLink Ticket Office di stasiun MRT Bandar Changi, Orchard, Chinatown, Bugis, Harbourfront, City Hall, atau Raffles Place.

EZ-Link

Jika kamu berencana berada di SIngapura untuk beberapa hari, kamu sebaiknya memiliki kartu EZ-Link, yang merupakan kartu prabayar seukuran kartu ATM. Kartu ini bisa digunakan untuk membayar tarif angkutan umum seperti bus dan kereta MRT, serta taksi TransCab. Kamu bisa mendapatkan kartu EZ-Link dengan mudah karena katu ini dijual di setiap stasiun MRT, atau kamu juga bisa membeli kartu EZ-Link ini di 7-Eleven, Kartu EZ-Link bisa diisi ulang di semua ticket machine yang terdapat di stasiun MRT, gerai 7-Eleven, dan ATM bank tertentu. Saldo yang bisa disimpan maksimal SGD 500

Hotel murah di dekat Stasiun MRT

Oh ya, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memilih hotel yang dekat dengan stasiun MRT Singapore, agar biaya jalan-jalan kamu jadi lebih ekonomis.

Posting Komentar untuk "Peta Wisata dan Cara Naik MRT di Singapore"